Kamis, 23 Februari 2012

Anak TI yang bejuang dalam Olimpiade Kimia

          Akhir November 2011, Aku dan 11 orang lainnya dikumpulkan di perpustakaan, Pak Lutfi, Bu Deti, dan Bu Esti selaku guru pembimbing memberitahu kami bahwa kami akan mengikuti penyisihan Olimpiade Kimia SMK zona Samarinda yang diadakan oleh Universitas Mulawarman (UNMUL).
Foto sebelum penyisihan with Pak Lutfi
            Sebelum mengikuti penyisihan, kami dibimbing setiap hari setiap pulang sekolah. Kami pun saling mengenal satu sama lain. Ada Priska, Anang, Nirwana, Tyo, Biyanka, Thiyas, Yaumil, Elis, Taqim (teman sekelas ku, jadi emang udah kenal), Andre, Reza, dan aku. Bimbingan berlangsung dengan penuh canda tawa tetapi tetap serius. Hari yang dinanti pun tiba. Kami berangkat dari SMK Negeri 7 Samarinda menuju UNMUL menggunakan bis sekolah. Sebelum berangkat kami telah menyusun strategi dengan membagi tugas, ada yang bertugas menghapal teori, ada yang bertugas menggitung konsep mol, dan aku sendiri mendapat tugas untuk mengerjakan soal “Kc & Kp”.
Foto sebelum penyisihan with Bu Deti
            Yang masih aku ingat, ketika di bis menuju UNMUL anak-anak yang lain sedang membaca buku sambil menghapal rumus-rumus yang telah dipelajarari sedangkan aku malah membaca buku Raditya Dika yang berjudul “KambingJantan”. Sekitar 20 menit, kami sampai pintu masuk UNMUL, namun bis kami tak bisa masuk akibat portal masuk yang rendah. Anak-anak saling tunjuk siapa yang akan turun. Akhirnya, Taqim, Tyo, Reza turun membuka tali pengikat portal tersebut. Saat mereka akan membuka tali pengikat datanglah satpam UNMUL dan mereka pun dimarahi. Bu Deti pun turun dan menjelaskan apa yang sebenarnya terjadi. Bu Deti dan yang lain kembali ke bis, kami pun tertawa lepas =D
menunggu dibukanya registrasi =)
            Saat kami sampai kami harus menunggu sampai panitia membuka registrasi ulang. Hampir kurang lebih 1 jam kami menunggu. Penyisihan pun dimulai. Namun, rencana yang sudah kami susun sematang-matangnya B.A.T.A.L!!! kalian tau kenapa??? Karena panitia yang ngawas jauh lebih banyak daripada kami yang lomba dan kami pun hanya bisa pasrah =(
Saat Penyisihan

            29 Desember 2011 sore hari, hp ku berdering, ku lihat hp ku, ternyata Bu Esti yang mengirim pesan, ku baca ternyata pesannya berisi aku dan 7 org lainnya lulus ke babak semifinal lalu aku pun melajutkan tidur ku. Sesaat setelah menutup mata ku, aku pun terkejut, ku baca lagi pesan itu, lalu ku nyalakan kan komputer dan ku buka web panitia penyelenggara dan kalian tau apa??? AKU PERINGKAT 5!!!! =D
Thyas nggak ikut =(
            14 Februari 2012, aku, Priska, Anang, Yaumil, Thyas, Biyanka, Elis, dan Taqim bertarung dalam semifinal hanya diantar oleh Pak Lutfi lalu kami ditinggal dikarenakan ada acara di sekolah sehingga guru pembimbing kami tak bisa mendampingi. Soal Semifinal terdiri dai 25 pilgan dan 5 essay. Menurut ku pribadi soalnya SULIT!! Bel tanda berakhirnya pengerjaan soal pun dibunyikan. Diluar bis sekolah setia menunggu kami. Kami kembali ke sekolah dengan raut wajah yang tidak bersemangat. Aku hanya bisa berdoa karena aku sendiri tidak yakin akan hasilnya. 
Walaupun kepala pusing tapi tetap senyum =)
           Pengumuman peserta yang akan masuk babak final ditentukan hari itu juga tepat pukul 4. Mendekati pukul 4 jantung ku berdetak makin tak karuan menanti telpon dari salah satu guru pendamping. Jam telah menunjukan pukul 5 tapi tak ada telpon yang masuk. Hati ku makin gelisah, tak lama HP ku berdering, ku lihat Pak Lutfi lah yang mengirim pesan. Pesannya berisi AKU MASUK FINAL!!! Tak lama setelah membaca pesan tersebut Bu Deti menelpon ku dan mengatakan AKU MASUK FINAL!!! Tak ketinggalan Bu Esti yang mengirimi ku pesan bahwa AKU MASUK FINAL!!! Hati ku sungguh senang sekali, air mata ku menetes tanda tak percaya. Malam harinya aku, Elis, dan Anang pergi kerumah Bu Deti bermaksud untuk bimbingan. Sesampainya disana, kami hanya membahas beberapa soal sambil bercerita.
Setelah final =D
            15 Februari 2012, babak Final Olimpiade Kimia dimulai. Lawan kami adalah 3 orang yang berasal dari SMK FARMASI dimana memang sudah basicnya kimia. Sedangkan kami SMK NEGERI 7 yang basicnya komputer, jadi Pak Lutfi, Bu Deti, dan Bu Esti tidak memaksakan kami harus juara 1. Soal pun dibagikan, soal babak final terdiri dari 8 essay dan waktu pengerjaan 1 jam. Ku balik lembar soal satu persatu, menurut ku soalnya cukup mudah, tapi sayang AKU LUPA RUMUS!!! Aku pun hanya mengerjakan soal-soal tersebut sebisanya.
Berfoto menghilangkan rasa gugup =P
            16 Februari 2012, hari dimana pemenang olimpiade diumumkan. Kami ber-10 (Yaumil & Andre nggak bisa ikut) berangkat dari sekolah didampingi oleh guru pembimbing serta Kepala Sekolah dan Wakilnya menggunakan bis sekolah. Di bis kami bercanda dan tertawa. Sesampainya di Auditorium Unmul, pemenang olimpiade tidak langsung diumumkan. Cukup lama kami menunggu. Jantung ku bedetak tak karuan. Kurang lebih pukul 12, pembawa acara akhirnya membacakan pemenang dimulai dari Juara Harapan 3 yang dimenangkan oleh farmasi, Juara Harapan 2 yang dimenangkan oleh Elis disaat yang sama hati ku bertanya-tanya “nama ku mana???”. Ketika sang pembawa acara mengumumkan “Juara Harapan 1 adalaaahh… Dian Eva Anindyka.” Aku pun terkejut, memang bukan juara yang aku inginkan tapi ini merupakan hasil yang pantas. Juara 1 & 3 dimenangkan oleh farmasi sedangkan Juara 2 dimenangkan oleh Anang. 
Pembagian hadiah =)
            Selesai acara kami pun berfoto ria, inilah foto-foto kami:

ayoo senyum semua =)
ndak capek-capeknya foto =)
ayoo tebak, siapa juara yang sebenarnya.. =D
makan enak =P
dibayarin kepala sekolah loo =D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar